Wednesday, May 25, 2011

Pentingnya Pembuatan Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau sering disingkat CV merupakan rekaman tertulis yang menggambarkan latar belakang penulis secara singkat dan padat. Latar belakang tersebut meliputi identitas diri, latar belakang pendidikan, dan pengalaman. Secara singkat, CV merupakan wakil diri penulis yang ditujukan kepada pihak lain dalam rangka  memperkenalkan atau mempromosikan  diri untuk maksud tertentu.

Di Indonesia, CV biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan atau melamar beasiswa. Berkenaan dengan kepentingan tersebut, idealnya seseorang menuliskan CV dari mulai masuk sekolah dan kemudian dilakukan update (pemutakhiran) dari hari ke hari sesuai dengan perubahan pengalaman. Misalnya saat masuk kuliah seseorang hanya memiliki pengalaman organisasi di OSIS SMA saja, setelah beberapa bulan berada di bangku kuliah seseorang tersebut menambah pengalaman dengan mengkuti berbagai kegiatan keorganisasian dan kepanitian serta mengikuti berbagai lomba.

Namun, kenyataannya banyak sekali orang menuliskan CV hanya selang beberapa hari atau bahkan beberapa jam sebelum melamar pekerjaan atau melamar beasiswa. Hal tersebut dapat mengakibatkan kurang lengkapnya rekaman yang dicantumkan dalam lembar CV. 

Adapun keuntungan menuliskan CV secara lengkap sejak dini (misalnya setelah masuk kuliah) adalah:
1. Data yang dituangkan akurat
2. Tidak ada rekaman yang lupa untuk ditulis
3. Kelengkapan data terjamin
4. Dapat menghindari penulisan CV yang terburu-buru
5. Dapat membuat CV semenarik mungkin
 
Selain yang telah disebutkan diatas CV juga berguna untuk mengetahui kemampuan sendiri dan mengetahui bagian mana saja yang harus ditingkatkan. Banyak sekali orang yang setelah menuliskan CV merasa kurang percaya diri karena minimnya pengalaman pekerjaan, prestasi, kegiatan riset dan pengalaman organisasi. Dengan menuliskan CV sejak dini, kita akan sesegera mungkin mengetahui kompetensi diri dalam berbagai hal. Hal tersebut memungkinkan kita untuk memperbaiki diri dan menambah berbagai pengalaman baik secara formal maupun nonformal.

Dalam kenyataannya data yang tertulis di dalam CV tidak harus dituangkan semua. Kita boleh memilih bagian apa saja yang penting untuk disajikan sehingga pembaca CV merasa tertarik pada kemampuan kita. Jadi, dari CV yang telah dibuat secara lengkap, tinggal di copy-paste saja bagian mana yang relevan dengan tujuan yang diinginkan. Lebih mudah kan dibanding dengan harus terburu-buru menulis CV dari awal?

No comments: